Minggu, 11 Desember 2011

2012, Seluruh Penjaringan Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN

Seluruh Penjaringan Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN
Jul 30, 2011 
JAKARTA: Gebrakan ITB dan UGM yang meniadakan Ujian Mandiri (UM) diharapkan diikuti semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya.
Sehingga pada 2012, 100 persen penjaringan mahasiswa baru semuanya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri
“Kalau langkah ITB dan UGM di ikuti semua PTN yakni 100 persen menjaring mahasiswa baru dengan SNMPTN  maka UM akan hilang dengan sendirinya,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas, Djoko Santoso menjawab Media Indonesia di Jakarta, Kamis (20/1).
Kebijakan Kemendiknas, kata Djoko, idealnya semua PTN ambil 100 persen melalui SNMPTN.
Namun sesuai PP 66 sebanyak 60 persen diserap SNMPTN selebihnya 40 persen diperbolehkan melalui jalur UM.
Mantan Rektor ITB ini menjelaskan jika tahun 2012 semua PTN murni mengambil jalur SNMPTN sehingga UM otomatis hilang tidak perlu lagi peraturan baru. “Tetapi bisa saja dikeluarkan aturan pemerintah,” tukasnya.
Terkait masih adanya PTN yang memungut biaya uang pangkal yang mahal melalui UM tahun ini, Djoko menyatakan pihaknya tidak mungkin menyatakan boleh atau tidak boleh. Pasalnya pandangan masyarakat berbeda satu sama lain. ” Bagi kalangan tertentu uang pangkal yang mahal tidak masalah ,” cetusnya.
- MediaIndonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews